Manfaat Landing Page di era digital saat ini sangatlah banyak. Dengan melakukan pemanfaatan teknologi sangat bisa menjadi kunci keberhasilan bagi pelaku bisnis ataupun pekerja di dalamnya. Karena bisnis digital bisa menjadi peluang besar untuk menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan visibilitas hingga keuntungan, terutama bagi pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)
Salah satunya adalah memiliki website yang manfaatnya sebagai berikut:
- Pelanggan bisa mendapatkan informasi produk, jasa, maupun layanan yang tersedia
- Sarana untuk memperluas jangkauan pasar dan membangun kepercayaan pelanggan
- Bisa menjadi brand identity dan brand image bagi perusahaan atau bisnis yang dijalankan
Namun, untuk memperbesar peluang terjadinya konversi, Anda membutuhkan sebuah landing page. Karena hanya memiliki website dengan konten yang menarik bukanlah jaminan keberhasilan.
Jadi, Apa Itu Landing Page?
Landing page adalah halaman pada website yang secara khusus didesain untuk keperluan marketing agar tampak menarik dan bisa mengundang konsumen untuk berinteraksi lebih jauh dengan produk dan layanan yang tersedia.
Ini menjadi pintu awal konsumen untuk mengakses website dari hasil pencarian, baik yang berbayar maupun organik.
Karena tujuan utamanya adalah untuk mengarahkan konsumen menuju website atau toko online Anda, maka Anda perlu merancang landing page yang dapat membuat pelanggan merasa tertarik atau penasaran, sehingga mereka melakukan tindakan masuk ke halaman lain yang bisa meningkatkan konversi.
Sebagus apapun Anda membuat landing page dan merencanakan strategi Call To Action (CTA), tetap saja keputusan ada di tangan pengunjung. Artinya, upaya yang sudah dilakukan belum tentu mendorong pengunjung untuk memutuskan memesan produk maupun jasa yang ditawarkan.
Namun, jika belum bisa mendapatkan penghasilan dari aktivitas ini, Anda tetap mendapatkan keuntungan lain sebagai berikut:
4 Manfaat Landing Page untuk Bisnis Anda
Selain bisa menghasilkan lebih banyak konversi, adanya landing page akan memberikan banyak manfaat yang membuat bisnis Anda untung, antara lain:
1. Pengeluaran Budget Lebih Hemat
Keterbatasan budget seringkali menjadi salah satu keluhan di kalangan pelaku bisnis saat ingin menerapkan digital marketing. Inilah yang memicu bisnis terutama UMKM cukup kesulitan untuk naik level dan bersaing dengan perusahaan yang lebih besar.
Nah, manfaat yang pertama, biaya pemasaran jadi lebih ekonomis dan Anda pun bisa berfokus mencapai tujuan pemasaran yang efektif dibanding menggunakan jenis digital marketing yang lainnya.
Umumnya, anggaran untuk membuat landing page yakni kurang lebih 1 juta hingga 2 juta pertahunnya. Sudah jelas, kalau melakukan promosi dengan media website ini lebih hemat budget dan long-lasting.
2. Pemasaran Lebih Efektif dan Efisien
Penggunaan landing page yang baik dan terintegrasi dengan teknik marketing yang tepat, akan sangat membantu untuk mencapai tujuan bisnis yang sudah ditentukan.
Landing page mampu memaksimalkan bisnis dengan cara berikut:
- Penyampaian informasi kepada konsumen jadi lebih efektif
- Memudahkan pelanggan menemukan bisnis atau produk Anda. Artinya secara tidak langsung turut meningkatkan brand awareness maupun produk, jasa, serta layanan lainnya
- Mengajak pengunjung melakukan suatu tindakan dengan memanfaatkan Call to Action (CTA)
- Bisa mengoptimalkan konversi penjualan
3. Menghasilkan Lead
Adanya landing page memberi manfaat yang dapat mendatangkan bahkan menambah leads atau pelanggan yang menunjukkan ketertarikannya terhadap produk atau layanan bisnis yang tersedia.
Tidak hanya sekadar membuat calon konsumen berkunjung, landing page juga dapat membantu Anda mengumpulkan informasi melalui form pengumpulan informasi yang sudah dirancang sedemikian rupa. Isi dari form tersebut biasanya terdiri dari nama, email, hingga nomor telepon, dan lain-lain yang diperlukan.
Anda bisa melakukan filter data dan menemukan konsumen yang memiliki potensi untuk membeli produk. Selain itu, Anda dapat menggunakan data lead tersebut untuk pemasaran lebih lanjut, seperti pemberitahuan promosi produk baru atau penawaran menarik lainnya ke email pelanggan (Contoh: voucher diskon, event, undangan eksklusif, dll).
4. Merancang Strategi Marketing yang Lebih Baik
Data pelanggan yang sudah Anda kumpulkan dari formulir yang ada di landing page, bisa memudahkan Anda untuk melakukan analisis dan filterisasi lebih jauh.
Kemudian, data tersebut akan berguna untuk merencanakan dan merancang strategi digital marketing yang lebih baik di masa yang akan datang. Ini berlaku baik untuk melakukan promosi produk baru maupun memberikan diskon dan penawaran menarik.
Jadi, tunggu apalagi? Segera buat landing page di website bisnis milik Anda. Jika belum benar-benar paham, Anda bisa menghubungi NEXT-IT di sini untuk berdiskusi lebih lanjut. Sampai berjumpa!